![]() |
Rahman Abie Mutiara |
Nama Sekolah : MA NW LENDANG NANGKA
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan
peerangkat lunak
pembuat grafik.
Kompetensi
Dasar :1.1. Menunjukkan menu ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak
pembuat
grafis
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector
dan grafis berbasis bitmap
·
Mengetahui
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
· Menjelaskan
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector
dan grafis berbasis bitmap
·
Mengetahui
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis
bitmap
· Menjelaskan
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak
diperlukan
Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
Materi Ajar (Materi Pokok)
:
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukan menu dan
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
|
· Mendiskusikan
kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
· Menyimak penjelasan
tentang pengertian menu dan ikon
· Mendiskusikan
fungsi menu dan ikon
|
· Siswa dapat
Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat
Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan
grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat
Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
· Siswa dapat
Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
· Siswa dapat
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
· Siswa dapat
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang
tidak diperlukan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru
memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti
mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan
komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Mencari informasi tentang pengertian grafis
berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis
berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat
grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
·
Menunjukkan menu dan ikon
·
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C.
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan
pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan
pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru menugaskan secara
random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah
dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan
tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan
pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala MA NW Lendang Nangka
AKRAM,
S.Sos.I
|
Lendang Nangka, 10 Juli 2012
Guru mapel TIK
ABDUL
RAHMAN, S.Pd.
|
Komentar
Posting Komentar