13 Agt 2012

Dilarang Memudaratkan Diri dan Orang Lain

E p i s o d e  : 
Hadist Larangan Mendzolimi Saudara Muslim

Dari Abu Sa’id bin Malik bin Sinan Al-Khudri 1) R.A. bahwa Rasulullah SAW Bersabda: “ Janganlah memudharatkan diri sendiri dan memudharatkan orang lain. “ Hadist Hasan, diriwayatkan oleh ibnu majah ( Lihat no.2341), dan Darunnatqi IV/228 “.
                Diriwayatkan oleh malik (II/746) dalam Al-mutawatta’ dari Amru bin yahya dari ayahnya dari Nabi SAW. Secara mursal, terputus sampai Abu Sa’id, dan Hadist tersebut diriwayatkan dengan jalur yang banyak, masing-masing menguatkan sebagian yang lain.
                Esensial sekali dan perlu kita ketahui bahwa barang siapa yang membawa mala petaka bagi saudaranya maka berarti dia telah mendzaliminya, sehingga hukumnya haram sebagaimana telah dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar:
Wahai Hamba-Ku, Sesungguhnya aku mengharamkan sifat Dzalim atas diri-Ku dan aku mengharamkan kedzaliman ditengah-tengah kalian, maka janganlah kalian saling mendzalimi.”2)
Dalam hadist lain Nabi SAW. Menegaskan :
“ Sesungguhnya darah, harta dan kehormatan kalian haramsatu satu sama lain.” 3)
Sedangakan  makna sabda nabi : “ La dharara Walaa Dhirooro “.
                Adalah sebagian Ulama’ berkata bahwa hal itu merupakan dua lafaz tetapi maknanya satu, disebutkan kedua-duanya adalah sebagai  ta’kid (stressing/ Penekanan). Ibnu Habib berkata: “ Adh-Dharar merurut bahasa arab adalah isim ( kata benda), sedangkan adh-dhirar adalah fi’il ( kata kerja), maka makna laa dharara adalah janganlah satu sama lain saling memudharatkan. Al-Muhsini berkata, “ adh-dharar adalah suatu yang bermamfaat bagimu namun mudharat bagi tetanggamu. Ini adalah pengertian yang bagus. Diantara Ulama’ Cendikia berkata: “ dharar dan dhirar adalah seperti Qothl ( membunuh) dan Qital saling membunuh), sehingga makna dharar adalah engkau menimpakan mudharat kepada orang yang menimpakan mudharat atas kamu tanpa bertujuan untuk mengikuti perintah dan membela kebenaran.
Wallahu a’lam bishowab …..

Abie Mutiara Rahman