Langsung ke konten utama

INTERPRETASI SINGKAT SURAT AL-BAQARAH

E   p    i   s   o   d    e    :
Keutamaan Surat Al - Baqarah

       Surat Al-Baqarah merupakan  salah satu surat Madaniyah dan Surat ke 2 (Dua) yang terdiri dari 286 ayat. surat ini memiliki keutamaan dan fadhilah sebagai penjaga diri sekeliling kita dari musuh abadi Allah SWT dan Hamba-Nya yang taat, yaitu Syaithan La'natullah.
      
        Imam Ahmad, Muslim, At-Tarmizi dan An-Nasa'i meriwayatkan dari suhail bin Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah RA. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki Syaitan." At-Tarmizi mengatakan : " Hadist ini Hasan shahih"
Dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata : Rasulullah bersabda:

" Semoga Aku tidak mendapatkan salah seorang diantara kalian meletakkan salah satu kakinya diatas kakinya yang lain, sambil bernyayi dan meninggalkan surat Al-Baqarah tanpa membacanya, Sesungguhnya  syaitan akan lari dari rumah yang dalamnya dibacakan surat al-Baqarah. Sesungguhnya rumah yang paling kosong adalah bagian dalam rumah yang hampa dari kitab Allah ( Al-Qur'an)." (HR. Annasa'i dalam kitab Al-Yaum wa Al-lailah) .
          'Abdullah bin mas'ud mengatakan: " Barang siapa membaca sepuluh ayat dari surat Al-Baqarah pada suatu malam, maka syaitan tidak akan masuk kerumahnya pada malam itu. Yaitu empat ayat dari awal surat Al-Baqarah, Ayat kursi dan dua ayat selanjutnya, serta tiga ayat terakhir surat Al-Baqarah.Dalam suatu riwayat disebutkan pada hari itu dia dan keluarganya tidak akan didekati syaitan, dan tidak ada sesuatu yang dibencinya. dan tidaklah ayat-ayat itu dibacakan atas orang gila, melainkan ia akan sadar.

Penulis:
Abdurrahman Abie Mutiara RAZ, S.Pd.I
Alumni MDQH Al-Majidiyah As-Syafi'iyah Nahdlatul Wathan Lombok Timur

dan IAIH Nahdlatul Wathan Lombok Timur. 

Sumber bacaan :

Tafsir Ibnu Katsir Jili I, Al-Yaum wa Al-lailah.


Fatahallu khairol Faatihiin. Wallahu'alam
     






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN KISI-KISI DAN INDIKATOR PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

A. KISI-KISI PENILAIAN 1. Pengertian Kisi-kisi adalah format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes. Jika Anda memiliki kisi-kisi yang baik, maka Anda akan memperoleh perangkat soal yang relatif sama sekalipun penulis soalnya berbeda. Dalam konteks penilaian hasil belajar, kisi-kisi disusun berdasarkan silabus setiap mata pelajaran. Jadi, Anda harus melakukan analisis silabus terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkah berikut ini : Dalam praktiknya, seringkali guru di madrasah membuat soal langsung dari buku sumber. Hal ini jelas sangat keliru, karena buku sumber belum tentu sesuai dengan silabus. Kisi-kisi ini menjadi penting dalam perencanaan evaluasi, karena didalamnya terdapat sejumlah indikator sebagai acuan dalam menulis soal. Kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan tertentu

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF REKREATIF (Kegiatan dilakukan dengan praktek sekaligus)

I.      PENDAHULUAN 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif ialah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang yang dapat mengembangkan daya imajinasi, kemampuan berfikir kritis serta kemampuan mengekspresikan ide-idenya dalam suatu karya baru yang unik. 2.    Jenis dan macam kegiatan kreatif bagi peserta didik sejalan dan seirama dengan tingkat perkembangan peserta didik (S,G,T,D). 3     Kegiatan-kegiatan Kreatif Rekreatif digali, diciptakan, dan dikembangkan oleh Dewan Satuan Pramuka atas bimbingan Pembina mereka. II.    MATERI POKOK 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif   serta kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya hendaknya selalu diberi muatan : modern, bermanfaat, adanya ketaatan pada kode kehormatan pramuka, dengan pengertian sebagai berikut : a.    modern ;       modern dapat diartikan : hal-hal yang baru, hal-hal yang belum ada sebelumnya, hal-hal yang sedang digemari oleh khalayak ramai pada saat itu, hal-hal yang saat ini sedang :ngetren" menurut p

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF SEPANJANG HAYAT

I.      PENDAHULUAN 1.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan untuk mencapai tujuannya, ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak. 2.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik sepanjang individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan sasaran menjadikan mereka sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. II.    MATERI POKOK 1.    Pelaksanaan pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilakukan lewat kepramukaan dengan harapan pada peserta didik akan timbul kesadaran bahwa: a.    hasilan proses pendidikan ialah adanya peningkatan pada bid