Langsung ke konten utama

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP) TIK SMA KELAS XII



Rahman Abie Mutiara

Nama Sekolah              :  MA NW LENDANG NANGKA
Mata pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester            : XII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi     : 1.    Menggunakan peerangkat lunak
                                        pembuat grafik.
Kompetensi Dasar        :1.1.  Menunjukkan menu ikon yang 
                                        terdapat dalam perangkat lunak 
                                        pembuat grafis

Indikator Pencapaian Kompetensi :
·   Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·   Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·   Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan 

Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
·   Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·   Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis   
    bitmap
·   Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak 
    diperlukan 
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
  • Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
  • Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
·     Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·     Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·     Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
·     Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·   Siswa dapat Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Siswa dapat Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·   Siswa dapat Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
·     Siswa dapat Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan 




Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
 Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)

B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·    Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·    Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·    Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·    Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·    Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
·    Menunjukkan menu dan ikon
·    Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.  Kegiatan Penutup
·    Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. .  (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·    Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. .  (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·    Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.  (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit

PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
                       
                                                                       
Mengetahui,
Kepala MA NW Lendang Nangka



AKRAM, S.Sos.I

Lendang Nangka, 10 Juli 2012
Guru mapel TIK



ABDUL RAHMAN, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN KISI-KISI DAN INDIKATOR PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

A. KISI-KISI PENILAIAN 1. Pengertian Kisi-kisi adalah format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes. Jika Anda memiliki kisi-kisi yang baik, maka Anda akan memperoleh perangkat soal yang relatif sama sekalipun penulis soalnya berbeda. Dalam konteks penilaian hasil belajar, kisi-kisi disusun berdasarkan silabus setiap mata pelajaran. Jadi, Anda harus melakukan analisis silabus terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkah berikut ini : Dalam praktiknya, seringkali guru di madrasah membuat soal langsung dari buku sumber. Hal ini jelas sangat keliru, karena buku sumber belum tentu sesuai dengan silabus. Kisi-kisi ini menjadi penting dalam perencanaan evaluasi, karena didalamnya terdapat sejumlah indikator sebagai acuan dalam menulis soal. Kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan tertentu

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF REKREATIF (Kegiatan dilakukan dengan praktek sekaligus)

I.      PENDAHULUAN 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif ialah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang yang dapat mengembangkan daya imajinasi, kemampuan berfikir kritis serta kemampuan mengekspresikan ide-idenya dalam suatu karya baru yang unik. 2.    Jenis dan macam kegiatan kreatif bagi peserta didik sejalan dan seirama dengan tingkat perkembangan peserta didik (S,G,T,D). 3     Kegiatan-kegiatan Kreatif Rekreatif digali, diciptakan, dan dikembangkan oleh Dewan Satuan Pramuka atas bimbingan Pembina mereka. II.    MATERI POKOK 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif   serta kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya hendaknya selalu diberi muatan : modern, bermanfaat, adanya ketaatan pada kode kehormatan pramuka, dengan pengertian sebagai berikut : a.    modern ;       modern dapat diartikan : hal-hal yang baru, hal-hal yang belum ada sebelumnya, hal-hal yang sedang digemari oleh khalayak ramai pada saat itu, hal-hal yang saat ini sedang :ngetren" menurut p

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF SEPANJANG HAYAT

I.      PENDAHULUAN 1.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan untuk mencapai tujuannya, ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak. 2.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik sepanjang individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan sasaran menjadikan mereka sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. II.    MATERI POKOK 1.    Pelaksanaan pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilakukan lewat kepramukaan dengan harapan pada peserta didik akan timbul kesadaran bahwa: a.    hasilan proses pendidikan ialah adanya peningkatan pada bid