Langsung ke konten utama

KHUTBAH IEDUL FITRI 1433 H/ 2012 M


الخطبة الأولى
االله اكبر     كلما هل هلال وابدر  , الله اكبر       كلما صام صائم وافطر . الله اكبر       كلما إطعام القانع المعتر  , لا إله إلاّ الله  والله أكبر الله أكبر ولله الحمد.  الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا  .  الحمدلله الذى جعل لهم يوم عيد يعود عليهم في كلّ سنة ويتقرّر , أشهد ان لا إله إلا الله  وحده لا شريك له الملك العظيم الأكبر . وأشهد أن سيدنا ونبينا محمدا عبده ورسوله الشافع في يوم المحشر. اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد وعلى آله وأصحابه الذين أذهب عنهم الرجس وطهّر. أمّا بعد  , فيا عباد الله : إ تَّقُوا اللهَ ولا تغرّنكم ومدادا لأعمار.
معاشر المسلمين رحمكم الله

     حمدا وشكرا لله على النعمة.Dengan kekuatan allah kita sehat wal ‘afiat ,dengan kehendak dan kekuasaannyalah kita dilahirkan ,tiada yang lebih pantas tempat kita memuji selain kepada allah,di pagi yang cerah ini kita semua keluar dari rumah menuju masjid,bergegas dan bershaf-shaf memenuhi panggilannya melakukan  ibadah ( di rumahnya allah dan rumah bagi orang-orang bertaqwa) dengan  penuh perasaan bangga , terharu mendengar lantunan takbir,tahmid dan tahlil, tiada henti – hentinya kita dengar sejak malam tgl 1 sawal setelah magrib sampai sekarang ini, pajar telah menyingsing di ufuk timur, saat ini kita berada pada hari yang penuh dengan ampunan alla h,hari ini pula Allah Azza Wa Jalla memperlihatkan kemulyaan dan keagungannya,yang mana seluruh umat islam di segenap penjuru dunia, bersedia untuk bangkit secara serentak dengan menggemakan dan mengumandangkan beribu ribu  takbir, tahlil dan tahmid yang tiada terhingga,berjuta-juta kaum muslimin mengalir,meneteskan  air mata ,suara yang sahdu mengucapkan takbir,tahmid,tahlil Pengumandangan takbir,tahmid dan tahlil  ini merupakan realisasi rasa syukur kita sebagai hambanya, sebagai kesadaran dan kalimat , serta merupakan panji-panji kemenangan,kejayaan umat Islam . dengan satu keyakinan dari seantero penjuru tanah air menjulang tinggi ke angkasa raya,para malaikat mendengar beribu-ribu takbir,tahmid,tahlil, menggelora kedalam  jiwa manusia hingga bingar terasa sampai merinding bulu roma,umat islam selesai melaksanakan puasa kemudian keluar menuju masjid ,Allah menyeru kepada malaikatnya :

 Wahai Malaikatku “ setiap perbuatan baik akan di tuntut pahalanya “ hambaku telah selesai mereka berpuasa di bulannya maka saksikanlah wahai malaiatku “ Aku sudah mengampuni dosa mereka.
Kemudian allah berfirman: wahai Muhammad pulanglah kerumahmu  “ sungguh aku telah menggantikan kejahatanmu dengan kebaikan “ maka pada kesempatan yang penuh barokah ini marilah kita sejenak merenung dan berpikir dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah serta menjadi renungan untuk kita di hari raya idul fitri ini.

-         Apakah dari semua kita telah lulus dalam menghadapi ujian berpuasa selama sebulan penuh ?
-         Apakah berhasil kita sucikan iman dan jiwa kita dari bintik-bintik dosa dan kema’siatan ?
-      Apakah sudah kita isi bulan ramadlan ini dengan dengan penuh ta’at pada allah mengharap ridlo dalam ber ibadah kepadanya ?
معاشر المسلمين رحمكم الله
Pada hari ini adalah pembagian hadiah,hari kemenangan bagi hambanya,hari ini juga seorang hamba kembali seperti keadaan suci semula,maka di hari itulah allah perintahkan untuk mengeluarkan zakat pitrah sebab zakat pitrah merupakan kunci diterimanya amal ibadah puasa sbgmn dlm sabdanya :

 (bulan ramadlan bergantung antara langit dan bumi dan amal ibadah puasa tidak akan diangkat kecuali zakat fitrah)
 ( قد أفلح من تزكّا وذكر اسم ربّه فصلّى) sungguh beruntunglah orang “ yang mengisi bulan ramadlan untuk mensucikan diri ,bertasbih  menyebut nama tuhannya lalu shalat , ( قد خاب من دسّاها ) sungguh rugi dan celakalah orang” yg mengotorinya dengan dosa dan ma’siah,mengisi dengan perbuatan yang sia-sia,mereka dapatkan kerugian, penyesalan yang tiada batasnya. Orang-orang yang selalu berusaha membersihkan dirinya dari dosa, maka ia akan berjumpa dengan Allah SWT dalam keadaan bersih dan suci seperti awalnya. Namun jika jiwa kotor, maka ia akan menghadap Allah SWT dalam kekotorannya. Allah SWT sesungguhnya tidak akan dapat menerima hamba-hamba-Nya yang berjiwa kotor. Ia hanya menerima jiwa-jiwa yang tenang dan bersih yang terisi penuh dengan sinaran cahaya Allah SWT yang suci. Bahagia tatkala selesai menyucikan jiwanya dengan berpuasa, bahagia terasa ketika kesucian jiwa itulah yang mampu mempertemukannya dengan Allah SWT di syurga.  

  
 ''Wahai jiwa-jiwa yang bersih dan tenang, kembalilah kepada Tuhan sejatimu dalam keridhoan. Masuklah kalian ke dalam golongan hamba-hamba-Ku yang akan masuk surga.'' (Al-Fajr:27-30). Itulah titik ujung perjalanan umat manusia sesungguhnya.



Adapun pungsi daripada itu adalah sebagai :

( pencuci ibadah puasa dari kata-kata keji dan perbuatan kotor dan merupakkan hidangan bagi orang-orang miskin)
 Sebagai manusia yang hidup bermasyarakat hendaknya kita harus peduli atas apa yang di firmankan oleh allah :

( saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa dan tidak saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan ) sebab dengan tolong menolong akan timbul kasih sayang saling mengasihi  dan peduli satu sama lain – jika itu tidak kita tanamkan maka timbullah sipat saling mementingkan diri sendiri,asal diri sudah kenyang selamat dan bahagia tidak berbagi rasa kepada sesama nabi bersabda :


( tidak di katakan beriman salah seorang dari kalian sehingga ia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri)
Jangan sampai

( dia bermalam dengan perut kenyang sedangkan tetangganya berbaring dalam keadan lapar sedang ia mengetahui keadaan tetangganya )
Dari hadits tadi merupakan pelajaran yang sangat berharga untuk kita tapi sekarang terbalik dari apa yang di sabdakan oleh nabi – banyak orang yang keluarga/saudaranya di jadikan sebagai keluarga yang jauh tidak mempedulikan keluarganya sendiri – dan banyak orang sekarang keluarga yang jauh dari nasab dan keturunan itulah yang di jadikan sebagai keluarga dekat seperti bersaudara senasab dan seketurunan ,betapa banyak keluarga dekat di jadikan ajang permusuhan sehingga timbul pitnah dan saling menjatuhkan satu sama lain.
معاشر المسلمين رحمكم الله
sekarang bulan ramadlan  telah kembali kehadirat Allah swt , tiada lagi amalan sunnat yang dilipat gandakan pahalanya.tiada lagi malam yang lebih baik daripada seribu bulan, tiada lagi kita dengar malam - malam suara dari masjid-masjid dan musholla-musholla lantunan suara alqur’an , tiada harapan lagi zikir,istigfar  dan do’a-doa kita  akan diterima dan dikabulkan maka pada hari ini marilah kita semua sekampung, masyarakat dan penduduk  yang ada di dusun lendang belo  marilah kita lepas perasaan buruk sangka pada sesama kita ringankan tangan kita untuk saling mema’apkan marilah kita kompak utuh dan bersatu ,seayun selangkah,seia sekata,tegakkkan kebenaran,hancurkan kejahatan , kta sama sama menjaga dan memakmurkan desa,dusun dan kampung halaman kita ini  menjadi

جعلني الله وإياّكم من العائدين الفائزين المقبولين و  بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
  
الخطبة الثّانى
الله اكبر  الله اكبر   الله اكبر   ,  الله اكبر   الله اكبر   الله اكبر   , الله اكبر , لا إله إلاّ الله  والله أكبر  الله أكبر ولله الحمد  والْحَمْدَ لِلَّهِ ولا يحمد سوى الله  و لا إله إلاّ الله  , أشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ  له  ندع ونسئل ونستغفر الله ,  وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الذي أشرف خلق الله القائم بحقوق الله. اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد وعلى آله وأصحابه الذى أطاعه الله  . أمّا بعد :   فيا عباد الله  : إ تَّقُوا اللهَ ما ستطعتم بقلوب الصّفى واعلموا  هذا اليوم يوم الفضل والشّرفة  , وعليكم على العلماء  بالزيارة  مع العسرة والصّحابة  فإنّه يزيد فى العمر ويغفر ذنوبه قبل المتفرقة  ,
{ اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد غنى فقرنا وحياة روحنا وهدي قلوبنا وشرح صدرنا ونجاتنا فى الدّنيا والأخرة وعلى آله وصحبه عدد كلّ ذرّة فى كلّ يوم ألف مرّة }
demikian lah mari kita berdo’a  (بسم الله الرّحمن الرّحيم)

Yaa Allah yaa rohmaanu yaa rohiim 3x

       Ya Allah kami mengaku atas dosa & salah kami,atas kelemahan & kelalaian kami,atas kesibukan kami sehingga kami lalai dalam perintahmu, Ya Allah sesungguhnya engkau mendengar do’a kami,melihat tempat kami,mengetahui rahasia kami,keinginan dan hajat kami maka terimalah do’a kami,kabulkan lah segala niat dan hajat kami, pada hariini kami bersama keluarga dan masyarakat kami,kami menghadap dengan penuh kekurangan dan kesalahan,maka terimalah segala amal ibadah kami,terimalah amal ibadah zakat pitrah kami ,engkau sucikan jiwa kami,engkau sirami jiwa kami dengan kesejukan cahayamu ,engkau selimuti kami dengan bahagia,tenang,dalam naungan mu,kami berangkat dari rumah dengan hati yang lapang ,khlas menghadapmu maka sebelum kami keluar dari rumahmu engkau ampuni kami,engkau hapus segala dosa dan salah kami sejak kami dilahirkan sampai kami besar seperti ini,baik yang sudah kami lahirkan ataupun yang sudah kami zohirkan,jadikanlah kami menjadi hamba yang mempunyai kelebihan dan keistimewaan,jadikanlah kami menjadi orang " yg sabar,ahli syukur,menjadi mulia di sisimu ya Allah dan menjadi terhormat dihadapan mahluk-mahlukmu ya allah,dan tuangkanlah  pembawaan kemulian kami di dunia dan di akhirat, dindinglah jiwa kami dengan  dinding kalimat” mu yaa allah,cegahlah segala kejahatan dan kemudlaratan pada kami dengan ayat-ayat mu  yaa allah, tetapkanlah atas ucapan kami:

في كلّ لمحة ونفس عدد ما وسعه علم الله لا إله إلاّ الله محمّد الرسول الله


Penulis:

Ustd. Wildan Hadi, QH., S.Pd.I
Alumnus MDQH Nahdlatul Wathan Anjani  Angkatan XXXXV

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN KISI-KISI DAN INDIKATOR PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

A. KISI-KISI PENILAIAN 1. Pengertian Kisi-kisi adalah format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes. Jika Anda memiliki kisi-kisi yang baik, maka Anda akan memperoleh perangkat soal yang relatif sama sekalipun penulis soalnya berbeda. Dalam konteks penilaian hasil belajar, kisi-kisi disusun berdasarkan silabus setiap mata pelajaran. Jadi, Anda harus melakukan analisis silabus terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkah berikut ini : Dalam praktiknya, seringkali guru di madrasah membuat soal langsung dari buku sumber. Hal ini jelas sangat keliru, karena buku sumber belum tentu sesuai dengan silabus. Kisi-kisi ini menjadi penting dalam perencanaan evaluasi, karena didalamnya terdapat sejumlah indikator sebagai acuan dalam menulis soal. Kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan tertentu

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF REKREATIF (Kegiatan dilakukan dengan praktek sekaligus)

I.      PENDAHULUAN 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif ialah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang yang dapat mengembangkan daya imajinasi, kemampuan berfikir kritis serta kemampuan mengekspresikan ide-idenya dalam suatu karya baru yang unik. 2.    Jenis dan macam kegiatan kreatif bagi peserta didik sejalan dan seirama dengan tingkat perkembangan peserta didik (S,G,T,D). 3     Kegiatan-kegiatan Kreatif Rekreatif digali, diciptakan, dan dikembangkan oleh Dewan Satuan Pramuka atas bimbingan Pembina mereka. II.    MATERI POKOK 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif   serta kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya hendaknya selalu diberi muatan : modern, bermanfaat, adanya ketaatan pada kode kehormatan pramuka, dengan pengertian sebagai berikut : a.    modern ;       modern dapat diartikan : hal-hal yang baru, hal-hal yang belum ada sebelumnya, hal-hal yang sedang digemari oleh khalayak ramai pada saat itu, hal-hal yang saat ini sedang :ngetren" menurut p

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF SEPANJANG HAYAT

I.      PENDAHULUAN 1.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan untuk mencapai tujuannya, ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak. 2.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik sepanjang individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan sasaran menjadikan mereka sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. II.    MATERI POKOK 1.    Pelaksanaan pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilakukan lewat kepramukaan dengan harapan pada peserta didik akan timbul kesadaran bahwa: a.    hasilan proses pendidikan ialah adanya peningkatan pada bid