Materi Pembelajaran :
MENGENAL MALAIKAT ALLAH SWT
A.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V : Erlangga, Budiyanto 2009;
- Visual yang tidak diproyeksikan Seperti : LKS, Kertas Karton, Spidol, Flip Chart (Kartu Pembelajaran ) dan Papan Tulis .
B.
Strategi Pembelajaran :
a.
Pendekatan : Eskplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK)
, PAIKEM.
b.
Model :
Pembelajaran Kooperatif
c.
Metode :
- Ceramah - Bercerita
-
Penugasan - Presentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi Kelompok
d. Strategi / Tife
: Listening Team
C. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Wkt
|
Metode
|
Fase 1
Penyampaikan
tujuan, dan pemotivasian
|
Kegiatan
Awal:
Apersepsi: dengan bertanya (Questioning).
-
Materi
sebelumnya. Dan kesiapan siswa
-
“Anak-anak coba
sebutkan mahluk ciptaan Allah yg tidak terlihat? “ ya benar, Malaikat. Minggu lalu kalian sudah
belajar ttg Nama-nama malaikat. ada berapa dan sebutkan, anak2?”
Motivasi :
-
“Anak-anak,
hari ini ibu guru akan menjelaskan ttg
tugas-tugas malaikat harapannya kalian
akan dapat mengambil hikmah dari pelajaran ini.
Tujuan: Kalian mampu menghayati dan
mengubah perilaku, berakhlak mulia dan menunjukan sikap yg baik dan benar .
|
Siswa
mendengar, menjawab dengan seksama
Siswa mendengarkan dengan
seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat
belajarnya
|
10’ mnt
|
Ceramah
dan tanya jawab
Ceramah
dan tanya jawab
|
Fase 2
Menyampaikan informasi, pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Secara Deklaratif Menyajikan
informasi kepada siswa menjelaskan tentang
nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
dan bercerita secara singkat
|
Mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama dan mencatat, membaca serta tanya jawab tentang tugas-tugas malaiakat
(eksplorasi)
|
40’
|
Ceramah,
tanya jawab, dan bercerita.
Karakter
:
Senang
membaca,saling berbagi
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
|
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar,
satu kelompok terdiri dari 4 orang dan guru membagikan serta menjelaskan
Lembar Kerja Siswa ( LKS= student worksheet) tentang malaikat
|
Mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan
seksama atas langkah-langkah yang harus dikerjakan sesuai LKS.
Mereka lakukan tanya jawab berdiskusi,mencocokkan, mengurutkan tentang
malaikat ( Materi ) LKS
(Elaborasi)
|
Tanya
jawab, diskusi, penugasan
Karakter :
Rasa
saling berbagi,demokrasi,teliti dan cermat
|
|
Fase 4
Membimbing
Pelatihan, mengecek pemahaman dan
memberikan Umpan Balik
|
Guru
membimbing kelompok belajar pada saat
siswa diskusi kelompok, mengamati dan melakukan penilaian Sikap dan minat belajar ( Authentic
Assessment)
|
Mempersentasikan,
Bertanya,Menjawab, Sanggahan /Komentar,
Menyimpulkan
tentang pokok –pokok laporan dan menganalisa pola
urutan waktu dan ruang tentang laporan ( Materi )
(Elaborasi)
|
Diskusi
Kelompok,presentasi dan Tanya jawab.
Karakter
:
Tanggung
Jawab
|
|
Fase 5
Evaluasi
|
Kegiatan penutup :
Guru
mengevaluasi hasil presentasi dan
hasil diskusi kelompok. Memberikan koreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
( Konfirmasi )
Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana
perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari
pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Penugasan (Pengayaan) : untuk PR di rumah kalian
kerjakan latihan di buku … halaman … dan minggu depan dikumpulkan
|
Antar Kelompok saling mengkomentari, mengoreksi atau
saling memperbaiki hasil yang diprentasikan,
|
20’
|
Penugasan
Ceramah,
tanya jawab, bernyanyi
Karakter
:
Terbuka
|
Fase 6
Memberi
penghargaan
|
Guru
memberikan penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu
maupun kelompok dengan bernyanyi
|
Siswa
menerima penghargaan guru dgn bernyanyi bersama-sama
|
D. Why Harus MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN tersebut?
- Supaya siswa mampu menyebutkan 10 nama-nama malaikat dengan baik melalui Diskusi;
- Supaya siswa dapat menyebutkan tugas-tugas malaikat Allah secara tepat dan benar melalui Penugasan dalam LKS .
- Supaya siswa dapat Menghafal nama malaikat dengan tugas-tugasnya dengan tepat dan benar
- juga dengan penugasan.
- Dengan Flip Chart ( Kartu Pembelajaran ) Proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan menyenangkan, sehingga siswa termotivasi dengan penuh semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Dan laIn-lain
Komentar
Posting Komentar