Langsung ke konten utama

CONTOH APLIKATIF MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ




 Materi Pembelajaran :

MENGENAL MALAIKAT ALLAH SWT




A.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Buku Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V :  Erlangga, Budiyanto 2009;
  2. Visual yang tidak diproyeksikan Seperti : LKS, Kertas Karton, Spidol, Flip Chart (Kartu Pembelajaran ) dan Papan Tulis .

B.     Strategi Pembelajaran    :
a.       Pendekatan           : Eskplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi  (EEK) , PAIKEM.
b.      Model                    : Pembelajaran Kooperatif

c.       Metode                  : - Ceramah                              - Bercerita
              - Penugasan                           - Presentasi
              - Tanya Jawab                      
  - Diskusi Kelompok

d.      Strategi / Tife          : Listening Team

C.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Sintaks
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Wkt
Metode
Fase 1
Penyampaikan tujuan, dan pemotivasian 
Kegiatan Awal:
Apersepsi: dengan bertanya (Questioning).
-       Materi sebelumnya. Dan kesiapan siswa
-       “Anak-anak  coba sebutkan mahluk ciptaan Allah yg tidak terlihat? “ ya benar, Malaikat. Minggu lalu kalian sudah belajar ttg Nama-nama malaikat. ada berapa dan sebutkan, anak2?”

Motivasi :
-       “Anak-anak, hari ini ibu guru akan menjelaskan ttg  tugas-tugas malaikat harapannya kalian  akan dapat mengambil hikmah dari pelajaran  ini.

Tujuan: Kalian mampu menghayati dan mengubah perilaku, berakhlak mulia dan menunjukan sikap yg baik dan benar .


Siswa mendengar, menjawab dengan seksama











Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat






Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
















10’ mnt


Ceramah dan tanya jawab











Ceramah dan tanya jawab

Fase 2
Menyampaikan informasi, pengetahuan atau keterampilan
Kegiatan inti:
Secara Deklaratif Menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan  tentang  nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya dan bercerita secara singkat
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat, membaca serta tanya jawab tentang tugas-tugas malaiakat (eksplorasi)

















40’
Ceramah, tanya jawab, dan   bercerita.
Karakter :
Senang membaca,saling berbagi
Fase 3
Mengorganisasikan siswa  dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, satu kelompok terdiri dari 4 orang dan guru membagikan serta menjelaskan Lembar Kerja Siswa ( LKS= student worksheet) tentang malaikat
Mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama atas langkah-langkah yang harus dikerjakan sesuai LKS.
Mereka lakukan tanya jawab  berdiskusi,mencocokkan, mengurutkan tentang malaikat ( Materi ) LKS
(Elaborasi)
Tanya jawab, diskusi, penugasan

Karakter :
Rasa saling berbagi,demokrasi,teliti dan cermat
Fase 4
Membimbing Pelatihan, mengecek pemahaman  dan memberikan Umpan Balik
Guru membimbing kelompok belajar  pada saat siswa diskusi kelompok, mengamati dan melakukan penilaian  Sikap dan minat belajar ( Authentic Assessment)
Mempersentasikan,
Bertanya,Menjawab, Sanggahan /Komentar, Menyimpulkan
tentang pokok –pokok laporan dan menganalisa pola urutan waktu dan ruang tentang laporan ( Materi )
 (Elaborasi)
Diskusi Kelompok,presentasi dan Tanya jawab.
Karakter :
Tanggung Jawab
Fase 5
Evaluasi
Kegiatan penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan  hasil diskusi kelompok. Memberikan koreksi, memberikan  umpan balik dan penguatan.
( Konfirmasi )

Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Penugasan (Pengayaan) : untuk PR di rumah kalian kerjakan latihan di buku … halaman … dan minggu depan dikumpulkan

Antar Kelompok saling mengkomentari, mengoreksi atau saling memperbaiki hasil yang diprentasikan,
20’
Penugasan
Ceramah, tanya jawab, bernyanyi

Karakter :
Terbuka
Fase 6
Memberi penghargaan
Guru memberikan penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok dengan bernyanyi
Siswa menerima penghargaan guru dgn bernyanyi bersama-sama

D.   Why Harus MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN tersebut?

  • Supaya siswa  mampu  menyebutkan   10  nama-nama  malaikat dengan baik melalui Diskusi;
  • Supaya siswa dapat   menyebutkan tugas-tugas  malaikat Allah  secara tepat dan benar melalui Penugasan dalam LKS .
  • Supaya siswa dapat Menghafal nama malaikat dengan tugas-tugasnya dengan tepat dan benar
  • juga dengan penugasan.
  • Dengan Flip Chart ( Kartu Pembelajaran ) Proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan menyenangkan, sehingga siswa termotivasi dengan penuh semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Dan laIn-lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN KISI-KISI DAN INDIKATOR PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

A. KISI-KISI PENILAIAN 1. Pengertian Kisi-kisi adalah format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes. Jika Anda memiliki kisi-kisi yang baik, maka Anda akan memperoleh perangkat soal yang relatif sama sekalipun penulis soalnya berbeda. Dalam konteks penilaian hasil belajar, kisi-kisi disusun berdasarkan silabus setiap mata pelajaran. Jadi, Anda harus melakukan analisis silabus terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkah berikut ini : Dalam praktiknya, seringkali guru di madrasah membuat soal langsung dari buku sumber. Hal ini jelas sangat keliru, karena buku sumber belum tentu sesuai dengan silabus. Kisi-kisi ini menjadi penting dalam perencanaan evaluasi, karena didalamnya terdapat sejumlah indikator sebagai acuan dalam menulis soal. Kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan tertentu

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF REKREATIF (Kegiatan dilakukan dengan praktek sekaligus)

I.      PENDAHULUAN 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif ialah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang yang dapat mengembangkan daya imajinasi, kemampuan berfikir kritis serta kemampuan mengekspresikan ide-idenya dalam suatu karya baru yang unik. 2.    Jenis dan macam kegiatan kreatif bagi peserta didik sejalan dan seirama dengan tingkat perkembangan peserta didik (S,G,T,D). 3     Kegiatan-kegiatan Kreatif Rekreatif digali, diciptakan, dan dikembangkan oleh Dewan Satuan Pramuka atas bimbingan Pembina mereka. II.    MATERI POKOK 1.    Kegiatan Kreatif Rekreatif   serta kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya hendaknya selalu diberi muatan : modern, bermanfaat, adanya ketaatan pada kode kehormatan pramuka, dengan pengertian sebagai berikut : a.    modern ;       modern dapat diartikan : hal-hal yang baru, hal-hal yang belum ada sebelumnya, hal-hal yang sedang digemari oleh khalayak ramai pada saat itu, hal-hal yang saat ini sedang :ngetren" menurut p

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF SEPANJANG HAYAT

I.      PENDAHULUAN 1.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan untuk mencapai tujuannya, ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak. 2.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik sepanjang individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan sasaran menjadikan mereka sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. II.    MATERI POKOK 1.    Pelaksanaan pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilakukan lewat kepramukaan dengan harapan pada peserta didik akan timbul kesadaran bahwa: a.    hasilan proses pendidikan ialah adanya peningkatan pada bid