17 Des 2012

CONTOH APLIKATIF MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ




 Materi Pembelajaran :

MENGENAL MALAIKAT ALLAH SWT




A.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Buku Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V :  Erlangga, Budiyanto 2009;
  2. Visual yang tidak diproyeksikan Seperti : LKS, Kertas Karton, Spidol, Flip Chart (Kartu Pembelajaran ) dan Papan Tulis .

B.     Strategi Pembelajaran    :
a.       Pendekatan           : Eskplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi  (EEK) , PAIKEM.
b.      Model                    : Pembelajaran Kooperatif

c.       Metode                  : - Ceramah                              - Bercerita
              - Penugasan                           - Presentasi
              - Tanya Jawab                      
  - Diskusi Kelompok

d.      Strategi / Tife          : Listening Team

C.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Sintaks
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Wkt
Metode
Fase 1
Penyampaikan tujuan, dan pemotivasian 
Kegiatan Awal:
Apersepsi: dengan bertanya (Questioning).
-       Materi sebelumnya. Dan kesiapan siswa
-       “Anak-anak  coba sebutkan mahluk ciptaan Allah yg tidak terlihat? “ ya benar, Malaikat. Minggu lalu kalian sudah belajar ttg Nama-nama malaikat. ada berapa dan sebutkan, anak2?”

Motivasi :
-       “Anak-anak, hari ini ibu guru akan menjelaskan ttg  tugas-tugas malaikat harapannya kalian  akan dapat mengambil hikmah dari pelajaran  ini.

Tujuan: Kalian mampu menghayati dan mengubah perilaku, berakhlak mulia dan menunjukan sikap yg baik dan benar .


Siswa mendengar, menjawab dengan seksama











Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat






Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
















10’ mnt


Ceramah dan tanya jawab











Ceramah dan tanya jawab

Fase 2
Menyampaikan informasi, pengetahuan atau keterampilan
Kegiatan inti:
Secara Deklaratif Menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan  tentang  nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya dan bercerita secara singkat
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat, membaca serta tanya jawab tentang tugas-tugas malaiakat (eksplorasi)

















40’
Ceramah, tanya jawab, dan   bercerita.
Karakter :
Senang membaca,saling berbagi
Fase 3
Mengorganisasikan siswa  dalam kelompok-kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, satu kelompok terdiri dari 4 orang dan guru membagikan serta menjelaskan Lembar Kerja Siswa ( LKS= student worksheet) tentang malaikat
Mencari kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama atas langkah-langkah yang harus dikerjakan sesuai LKS.
Mereka lakukan tanya jawab  berdiskusi,mencocokkan, mengurutkan tentang malaikat ( Materi ) LKS
(Elaborasi)
Tanya jawab, diskusi, penugasan

Karakter :
Rasa saling berbagi,demokrasi,teliti dan cermat
Fase 4
Membimbing Pelatihan, mengecek pemahaman  dan memberikan Umpan Balik
Guru membimbing kelompok belajar  pada saat siswa diskusi kelompok, mengamati dan melakukan penilaian  Sikap dan minat belajar ( Authentic Assessment)
Mempersentasikan,
Bertanya,Menjawab, Sanggahan /Komentar, Menyimpulkan
tentang pokok –pokok laporan dan menganalisa pola urutan waktu dan ruang tentang laporan ( Materi )
 (Elaborasi)
Diskusi Kelompok,presentasi dan Tanya jawab.
Karakter :
Tanggung Jawab
Fase 5
Evaluasi
Kegiatan penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan  hasil diskusi kelompok. Memberikan koreksi, memberikan  umpan balik dan penguatan.
( Konfirmasi )

Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Penugasan (Pengayaan) : untuk PR di rumah kalian kerjakan latihan di buku … halaman … dan minggu depan dikumpulkan

Antar Kelompok saling mengkomentari, mengoreksi atau saling memperbaiki hasil yang diprentasikan,
20’
Penugasan
Ceramah, tanya jawab, bernyanyi

Karakter :
Terbuka
Fase 6
Memberi penghargaan
Guru memberikan penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok dengan bernyanyi
Siswa menerima penghargaan guru dgn bernyanyi bersama-sama

D.   Why Harus MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN tersebut?

  • Supaya siswa  mampu  menyebutkan   10  nama-nama  malaikat dengan baik melalui Diskusi;
  • Supaya siswa dapat   menyebutkan tugas-tugas  malaikat Allah  secara tepat dan benar melalui Penugasan dalam LKS .
  • Supaya siswa dapat Menghafal nama malaikat dengan tugas-tugasnya dengan tepat dan benar
  • juga dengan penugasan.
  • Dengan Flip Chart ( Kartu Pembelajaran ) Proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan menyenangkan, sehingga siswa termotivasi dengan penuh semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Dan laIn-lain